Jumat, 25 Januari 2013

Rahasia Kebugaran Keith Kayamba Gumbs



Di usianya yang melewati 40 tahun sejak 11 September lalu, Kayamba masih terlihat bugar saat latihan. Materi latihan endurance bisa dilahapnya tanpa rasa letih. Apa rahasianya?

Kontrak dengan durasi satu musim sudah ditandatangani Kayamba kemarin siang di kantor Arema Jalan Kertanegara 7 Kota Malang. Seakan ingin menunjukkan kalau kondisinya masih fit, sekitar pukul 14.30 WIB pemain asal negara Saint Kitts and Nevis ini langsung berangkat ke Stadion Kanjuruhan dengan mengenakan fasilitas mobil tim.

Dan Kayamba pun tiba lebih awal dibandingkan dengan rekan-rekannya yang menggunakan bus. Sadar masih belum ada siapa-siapa dalam stadion, pencetak 22 gol musim lalu ini langsung melakukan pemanasan sendiri dengan mengelilingi lintasan lapangan dua kali. Setelah itu baru Kayamba gabung dengan latihan yang dipimpin asisten pelatih Satia Bagja Ijatna. Usai mengikuti latihan endurance 2,5 jam, Kayamba juga terlihat masih segar ketika meladeni Aremania yang ingin foto bersama atau sekadar bersalaman.
"Usia memang sudah 40 tahun tapi tenaga masih 20 tahun," gurau Kayamba.

Sampai saat ini, Kayamba mengaku masih belum berfikir tentang pensiun. Karena di pikirannya saat ini, dia ingin bermain terus selama fisiknya masih terjaga. "Saya jaga kondisi tubuh saya. Karena itu penting. Banyak sekarang pemain masih muda tapi usianya sudah tua. Itu karena pola hidup yang kurang sehat," ujarnya.
Apa yang dikatakan Kayamba memang terbukti. Ketika ada yang merokok, dirinya langsung menghindar atau bahkan menegurnya. Itu sudah pernah dilakukannya kepada salah satu sopir tim Arema yang merokok di dekamya. "Saya tidak suka lihat atau dekat dengan orang merokok," cetusnya.

Niatan pemain yang mengawali karir sepak bola profesional sejak tahun 1989 ini untuk terus bermain diutarakan dengan tidak ingin menjadi asisten pelatih seperti yang dilakukannya ketika di Sriwijaya FC.
"Di pikiran saya ini hanya ada main bola. Karena saya dikontrak untuk main. Bukan untuk melatih. Dan saya rasa di sini sudah banyak tim pelatih. Jadi saya tidak ingin campuri tugas mereka," tegasnya.

Sementara itu, arti 40 tahun bagi Kayamba tak dipungkiri jadi hal yang spesial. Karena sudah 23 tahun mantan pemain Kitchee Hongkong ini bermain sepakbola. Sehingga momen 40 tahun ini digunakannya sebagai nomor punggungnya di Arema-Pelita Jaya.

"Saya ingin pakai nomor 40 dengan ukuran kaus L," ujarnya kemudian tersenyum.
Sementara itu ketika ditanya terkait momen manis selama berkarir di dunia sepakbola, Kayamba mengakui kalau semua tim yang dibelanya memberikan kenangan tersendiri. Namun saat ini Kayamba tak ingin membicarakan itu. Karena dia hanya ingin membahas masa depannya.

"Itu semua adalah lembaran lama. Sekarang saya ingin juara dengan lembaran baru di tim ini," guman penggemar balap Formala 1 ini.

Perlu diketahui, selain masih aktif bermain di klub profesional, Kayamba sampai kini juga masih terdaftar di timnas negaranya. Meski bukan berasal dari negara yang kental dengan budaya sepakbola. Tapi Kayamba sudah memiliki 131 caps dan 47 gol. Itu dicapainya sejak pertama terjun sebagai pemain sepak bola profesional, tahun 1989 (Radar)

http://www.wearemania.net/arema/legends/2590-rahasia-kebugaran-keith-kayamba-gumbs

Tidak ada komentar:

Posting Komentar