Senin, 24 Desember 2012

“ SALAM SATU JIWA” Dari Arema Untuk Dunia 1



Siapa yang tidak tahu tentang slogan “Salam Satu Jiwa Arema”,??

Siapa yang tidak tahu tentang lagu Apa Rapper “SALAM SATU JIWA”..??

Jangankan Aremania & Aremanita saja yang tahu, Tapi slogan itu sudah menular ke seantaro masyarakat Indonesia, bahkan penjuru dunia,

Beberapa contoh:

Lihat apa yg dinyanyikan oleh supporter negara tetangga kita yang notabenya adalah Negara musuh bebutan kita Indonesia,
Orang mungkin awam dengan nama Harimau Malaya, tapi tidak dengan lagu Salam satu Jiwa yang di tiru oleh supporter tersebut, Mereka dengan bangganya menyanyikan lagu tersebut, padahal lagu itu asli dari Aremania, Lagu yang mnjadi identitas dan kebanggaan kita terhadap Arema,


 Video Arema Salam satu jiwa Arema

Bahkan mreka pun tanpa malu-malu belajar pada kita, salah satunya dengan mengundang sang The Conducktor Yuli Sumpil untuk memberi contoh lagu itu sekaligus menularkan virus Salam Satu Jiwa di negeri tersebut…Mereka ingin tahu tentang makna lagu itu, Mereka ingin tahu tentang Aremania yang Notabenya pernah mnjadi The Best Suporter Indonesia, Mereka ingin belajar lebih kreatif, Mereka ingin mnjadi teladan bagi supporter-suporter di negeri tersebut,,

Salam Satu Jiwa Harimau Malaya

Belum lagi seperti sam Hari Pandiono, yang menyebarkan virus Salam Satu Jiwa, di luar negeri, di penjuru dunia, dari satu Negara ke Negara lain, dari sebuah event Internasional ke hajatan” Fifa yang lebih besar seperti gelaran piala dunia dan Piala eropa DLL,, yang tidak bisa di hitung dengan materi, tenaga maupun waktu, Semua itu demi kebanggaan kita semua nawak terhadap Arema.



 Salut Sam dengan anda,, Ayas tidak ada apa-apanya….

Bukankah Kita bangga nawak mnjadi teladan bagi supporter lain???

Bukankah bangga Arema Dan Aremania di kenal di penjuru dunia??

Istilahe dalam konteks pandang “ Iki Loch Aremania Iku, iki loch maknae Salam Satu jiwa iku…:D,

Mengutip sedikit dari sam Andi Bachtiar Yusuf, sineas muda yang  menggarap berbagai proyek film
Bertema sepakbola pernah berujar “ Bahwa Aremania adalah salah satu kelompok supporter terbaik di dunia, dimana beliau menunjukkan pada dunia lewat film The Conductor yang meraih beberapa penghargaan di berbagai festifal film.
 
Lewat film The Conductor tersebut, seolah menunjukkan pada dunia bahwa Aremania memiliki fanatisme yang luar biasa, Fanatisme Aremania ibarat Loyalitas tanpa batas, bagi Aremania sendiri sepakbola ibarat  kegiatan religius beserta identitas yang memayunginya.

 
salah satu bagian film documenter The Conductor karya  Andi Bachtiar Yusuf

Sedikit copas dari artikel nawak Aremania yang ayas ambil dari WeAremania:

Di tataran fanatisme, Aremania terlihat jauh meninggalkan siapapun dibandingkan kelompok suporter di negara lain di sekitaran wilayah regional Indonesia. "Sesuatu yang belum pernah saya lihat dalam 30 tahun terakhir" ujar Paolo Bertolin seorang programmer asal Italia di festival Film Venice ketika berbincang dengan Ucup beberapa tahun lalu.

Di Indonesia, sepakbola adalah sebuah gairah. Di beberapa kota besar tanah air seperti Malang, Surabaya, Bandung, dan lainnya kegairahan itu ditunjukkan ketika tim dari kota tersebut berlaga. Ketika Arema ataupun Persib bertanding, jalanan di sepanjang kota menjadi lebih sepi dibandingkan biasanya. Tidak banyak orang yang berkeliaran di jalanan meskipun jadwal pertandingan dilangsungkan bersamaan dengan waktu pulang kerjanya karyawan. Sebagian besar menyibukkan diri di depan layar kaca ataupun menajamkan pendengaran sembari memilih frekuensi radio yang tepat dimana satu ataupun dua stasiun radio menyiarkan pertandingan tersebut.


Bahkan dalam konteks yang lain Aremania dan Aremanita mengganggap Arema adalah Agama kedua, yang bahkan sempat di filmkan oleh Mahasiswa Ilmu komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), dengan judul “Arema Agama Kedua”.

Di mana dalam film itu diungkapkan sisi lain dari Arema, sebuah klub yang berbeda dari tim yang lain di mana Arema mampu bertahan dengan  mandiri tanpa dana APBD, diceritakan juga tentang fanatisme dan loyalitas aremania terhadap klub yang dicintainya Arema Indonesia,

 
# Tentang Film Arema Agama kedua bisa di lhat di artikel ayas yang lain…

Bersambung...Di jilid 2,, tentang salam satu jiwa ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar