Jumat, 25 Januari 2013

Singa Tua Itu Bernama Keith Kayamba Gumbs


Tua tidak berarti keropos, tua juga tidak berarti lemah. Karena tidak jarang sesuatu yang semakin tua justru semakin baik, dalam lingkup manusia, sesuatu yang tua akan semakin dewasa dan matang.

Salah satu sosok yang kini menjadi kapten sekaligus pemimpin dan panutan bagi rekan-rekannya di Arema adalah sosok tua Keith Kayamba Gumbs, bisa dibilang tua karena pemain ini berumur 40 tahun.
Namun, dia yang tahun lalu membawa Sriwijaya juara Indonesia Super Liga tetaplah sosok yang garang dan ganas di depan kotak pinalti. Bahkan gaya mainnya sudah berubah, bisa menjadi pemain sayap ataupun gelandang bertahan.

Kondisi tua tidak menjadi Rahmad Darmawan [RD] alergi. Dia bahkan sangat yakin mantan anakbuahnya itu bisa menjadi senjata pamungkas plus bisa membimbing rekan-rekannya menjadi satu tim yang solid.
Dengan dua tim yang berbeda, maka diperlukan sosok pemimpin yang handal yang tidak terpengaruh oleh kubu Pelita dan Arema. Maka Gumbs yang datang dari Sriwijaya menjadi pilihan yang netral dan sangat pas untuk dijadikan kapten.

Kondisi fisik Kayamba juga sangat terjaga dengan baik. Di kompetisi negeri ini, pemain berusia 35 ke atas banyak berlaga di level bawah kompetisi. Namun Kayamba sangat berbeda.

Bandingkan dengan rekrutan baru Arema Indonesia, Yericho Christiantoko. Pemain yang didatangkan dari CS Vise Belgia itu masih berusia 20 tahun dan itu berarti Yericho baru dilahirkan ke dunia ketika Keith sudah menjadi pesepakbola profesional. Namun usia tidak menjadi pertimbangan RD.

Karena itulah Keith Kayamba direkrut untuk Arema. Selain dia punya fisik yang stabil, Disamping sangat tegas membimbing pemain muda, dia juga punya selera humor yang tinggi yang tidak membuat pemain Arema merasa terintimidasi.
"Keith mempunyai kepribadian yang bagus di lapangan maupun di luar lapangan, sehingga bisa menjadi contoh bagi pemain muda. Dia tak menampik bahwa pemainnya itu diserahi tugas ekstra, yakni melakukan fungsi tutorial kepada pemain belia Arema, dia juga sangat komunikatif kepada rekan-rekannya. Ini sangat baik buat perkembangan pemain muda," kata RD.
Kayamba pun sudah menjadi pemimpin bagi rekan satu timnya ketika melakukan pemanasan maupun pendinginan usai latihan. Semua anggota tim pun percaya dan mau mengikuti instruksi pemain asal Saint Kitts and Nevis ini.

"Saya berterima kasih kepada pelatih yang masih memberikan kepercayaan, terutama menjadi kapten. Bergabung dengan klub sebesar Arema tentu sangat menyenangkan. Saya akan berupaya keras untuk membayar kepercayaan Arema. Kalau bisa saya ingin meraih gelar di sini" kata Keith Kayamba Gumbs dikutip dari Sindo.

http://www.wearemania.net/arema/legends/2627-singa-tua-itu-bernama-keith-kayamba-gumbs 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar