Minggu, 16 September 2012

FDSSI: Cerita Suka Dan Duka Menjadi Suporter Kebanggaan (1)

Salah satu dokumen/file dari FDSSI yang saya ambil tentang cerita suka dan duka mnjadi Suporter klub kebanggaan,,,
Dalam cerita ini tidak hanya cerita Aremania saja,(Maklum ayas jugaAremania,), tetapi dari semua suporter seluruh Indonesia yang mendukung timnya masing-masing,,Sebut juga, Bonekmania,
Bobotoh Dan Viking,Pasoepati,The jakmania,dan semua suporter yang ada di Indonesia tanpa terkecuali,dalam memberikan dukungan kepada kulubnya msing-masing.
Sebut saja ini dengan arti Loyalitas Seorang Suporter,

Kita Semua satu,Kita semua Sama, Satu Bangsa,Bangsa Indonesia...
Di mana dalam file ini kebetulan dijadikan kuis sehingga menarik untuk diposting di artikel saya ini,,
Dalam hal ini antara lain terselenggaranya kuis ini dan hadiahnya.serta pemenangnya..sbagai berikut



KUIS FDSSI ini terselenggara atas kerjasama jajaraan Admin dengaan Bapak.Lalu Mara Satria Wangsa.
http://www.facebook.com/lalumara.s.wangsa

Thanks to Sam Armand Suhermand..

http://www.facebook.com/armand.suherman 
----------------------------------------------------------------------------------------------
pemenang kuis :
juara l : Badi Rambu Anarki (member dari Bonek)
juara ll : Ryoga Prasetyo (member dari Aremania)
juara lll : Reza Pahlawan (member dari Bobotoh)


Bagi ayas sendiri dari cerita teman-teman supporter berikut ini sangatlah patut di contoh di kehidupan sekarang,,dijadikan sebuah pelajaran bagaimana supporter yang baik itu,tentang rasa cinta yang begitu besar dalam diri supporter, tetapi mendukung dengan cara yang positif…

Mungkin saya tidak ada apa-apanya di balik cerita-cerita ini….
Sehingga saya mendapat pelajaran yang begitu luas dari teman-teman supporter semua…
Salut,Terharu,dan akan selalu saya ingat dalam memori saya…

Shingga menjadi lebih bermakna dan bersemngat  dalam diri saya untuk mendukung lkub kecintaan saya yaitu AREMA INDONESIA..


Ketika itu Arema vs Persipura , bersama anak dan istri ,kami duduk di tribun VIP .. begitu serunya pertandingan sampai menit ke 88 masih belum terjadi GOL , dan menjelang injury time akhirnya GOl juga ! bersama penonton laiinya kami pun berteriak kegirangan ..

Tiba tiba muncul dari belakang seseorang bertinggi besar berlari sampai sampai istri sy yg lagi hamil 3 bln hampir jatoh ditabraknya .. ternyata saking senengnya orang itu memanjat tiang di stadion kanjuruhan , mungkin orang ini punya ilmu meringankan tubuh atau terbiasa memancat pohon kelapa ,sy juga gak tahu hehehehe.. akhirnya dia turun dan meminta mohon maaf kpd sy karena istri sy hampir di jatuh karenanya ... dan sy berujar : podo podo sam..

SENG PENGTING AREMA NGANEM !! OYIIIIII !!!!



HOBI MENEK KLOPO AKHIRNYA TERSALURKAN

2.Reza Pahlawan

Saya adalah seorang bobotoh,
hal yang paling menggembirakan adalah disaat tim kesayangan saya Persib meraih kemenangan!
awalnya saya hanya menonton partai kandang saja,tetapi saya tertarik untuk melihat atmosfer suporter lain di Indonesia . perjalanan saya dimulai ketika saya sering bertandang ke kota lain seperti semarang,surabaya,jepara,kediri,malang,sidoarjo.

selain utk mendukung persib bertanding,tujuan lain saya adalah untuk memperbanayak saudara dari semua suporter,mempererat tali silaturahmi dan bertukar pikiran.
kemudian saya tertantang lagi utk bertandang ke luar pulau khususnya sumatera dan kalimantan,alhamdulillah sumatera (palembang,pekanbaru,padang) telah saya singgahi ,dan saya juga pernah jauh keseberang pulau ke kalimantan tepatnya di kalimantan timur

(samarinda,bontang,balikpapan,tenggarong) saya pun pernah merasakan atmosfer sstadion disana!
hal yg paling menyenangkan adalah ketika saya mendapatkan banyak saudara di banyak daerah,walaupun kita berbeda tim kita tetap SATU INDONESIA .

duka nya adalah ketika tim kita kalah tandang dengan cara yg tidak wajar,tetapi itulah sepakbola!
Alhamdulillah berkat sepakbola khususnya Persib , saya bisa memperbanyak saudara dari berbagai daerah di Indonesia!
"SATU INDONESIA SATU"


Nyanyi padamu negeri di GBK senayan saat laga 4 besar tahun 2000...suara sumbang koor ribuan aremania termasuk korwil kasin...yg berpakaian seadanya bahkan terkesan kayak gembel ...ternyata bisa bikin aku merinding dan trenyuh...

walau penampilan kami seadanya tapi tetep nggak melupakan rasa nasionalisme pada negri ini...
...bahkan ketum pssi waktu itu agum gumelar sampai menangis haru


TOUR DE JOGJA YANG MENCEKAM: Ribuan Aremania menyerbu dan membirukan kota Jogja saat Arema akan melawan tuan rumah PSIM di stadion MANKRI JOGJA.

Saat itu saya berada ditribun ekonomi selatan gawang.sementara sebagian yang lain di tribun vip.entah bagaimana mulanya, tiba2 pertandingan dihentikan karena kerusuhan.saya bersama ribuan aremania terkurung didalam stadion.malam hari sempat disambangi SRI SULTAN.dinihari sekitar pkl.02.30 saya baru di evakuasi menggunakan truk tentara dan diturunkan di stasiun prambanan.mencekam dan mengerikan.


Hal yg ampai saat ini menjadi sbuah kebanggaan saya adalah,...mendirikan sbuah komunitas dgn misi memerangi racism and anarkism suporter diindonesia khususnya aremania,..
AREMANIA GARASI,...yaach,....itulah namanya,.......

_Aremania Garasi adalah bentuk kepanjangan dari kata Generasi Arema Anti Rasis n Anarki...
sbuah fenomena baru dikalangan anak muda malang pecinta arema.
garasi terbentuk dari sbuah rasa,...rasa yg trcipta dari sbuah semangat juang arek_arek enom ngalam yg berusaha memerangi rasisme,.yg smakin hari smakin menjadi trend negatif suporter arema pada khususnya dan suporter indonesia pada umumnya.

_Komunitas anak''garasi tercipta dari sbuah forum diskusi disbuah jejaring sosial facebook,.dimana diforum diskusi tsb mempertemukan elemen_elemen suporter se_indonesia.
disana kami bertemu,berdiskusi,.dan mulai mengenal satu sama lain..

karena persamaan rasa n semangat yg kian hari kian memupuk kami....keinginan untuk menyatukan misi n visi mulai mengemuka.kopi darat / temu kangen mulai sering kami gelar.
sbuah warung kopi kecil pinggiran jalan kami putuskan tuk jadi ajang kopi darat kami yg pertama.
AGP namanya,....sbuah warkop didepan kampus unmuh.lll
dari situ mulai munculah ide_ide sbuah misi berat yg perlu bersama'' kita usung tuk diwujudkan demi sbuah perbaikan wajah suporter indonesia.

temu kangen yg sering kita gelar ini langsung mendapat respon cepat dari para aremania lain penghuni forum diskusi.
tercatat banyak nawak yg rela .balik kandang. demi sbuah rasa persaudaraan yg tercipta dgn sendirinya ini.

mulai dari nawak yg domisili disurabaya.solo,.jakarta hingga kalsel n kaltim.
_Memerangi Rasis tidaklah mudah,..karena disini kami berhadapan langsung dgn jutaan suporter indonesia dan suporter arema 'aremania' itu sendiri.Tapi,..kami tak patah arah,.karena meskipun sulit dan hampir mustahil tuk diwujudkan,...kami yakin bahwa suatu saat nanti akan tiba saatnya bahwa suporter indonesia bersih dari rasis.

tidak sedikit dari tiap elemen suporter yg mencibir,.menghujat bhkan memalingkan muka thd kami,...tapi dgn bgitu smakin tebal dean smakin bulatlah tekad kami tuk terus maju.

_Sbuah spanduk / banner kecil berukuran _+ 12 x 3 meter berhasil kami ciptakan dgn berisikan tulisan "JANGAN BUNUH TIM MU" Mari bersama melawan rasis.
spanduk ini adalah hasil karya kami yg pertama dan menjadi awal perjuangan kami dlm melawan rasis.

meskipun hanya sbuah spanduk,..kami merasa yakin bhwa dari spanduk inilah kami dapat menyampaikan pesan moral kpda para pembacanya khususnya suporter indonesia.
spanduk ini menjadi spanduk wajib yg mesti kami bawa,.tidak hanya didalam stadion kanjuruhan saja,...tetapi sudah tercatat spanduk ini pernah menghiasi stadion''luar malang,..misal saja stad,Gelora delta sidoarjo,.stad.Manahan solo hingga Gelora Bung.karno senayan jakarta.
Alhamduilillah,....spanduk kami ini pernah juga bhkan sering menarik perhatian koran'' n media masa brskala nasional.

_Spanduk kedua kami mengangkat tema Diskriminasi Sosial dikalangan suporter wanita dlm stadion.
berawal dari rasa kesal n jengkel kami melihat oknum'' yg dgn sengaja melakukan pelecehan sexualpda para suporter wanita dlm stadion.

smoga spanduk ini dapat menyadarkan mreka bhwa aremanita jugabagian dri arema..bkn mahkluk yg harus digoda tapi malah kalo bisa dilindungi kberadaanya distadion.
_Sbuah event sosial pernah kami gelar bekerjasama dgn para nawak''AKFB ''aremania korwil facebook''.

sbuah eventbesar bertajuk ''Cahaya 1000 lilin untuk Aremaku''.
dgn tema event ''apa,.dan bagaimana Arema''
disini kami mencoba memberikan wawasan n pengetahuan kpda generasi muda aremania ttg sejarah arema n aremania langsung dari para tokohnya.
acara digelar dilapangan POLINEMA politeknik negri malang dimulai dri donor darah kejasama dgn pmi,.lomba kreasi aremania,..dan dilanjutkan dgn aksi yuli sumpil dan juga dimeriahkan oleh band kenamaan suporter malang "arema voice".

_Selain kegiatan sosial untuk arema n aremania,.kami juga pernah terjun langsung bersama AKFB,aremania online,warkop aremania dll,.dalam acara galang dana untuk korban bencana merapi dan tsunami mentawai.

pasar minggu,perempatan ITN,hingga plataran depan stasiun kota baru kami duduki demi sbuah penggalangan dana untuk saudara2 yg terkena bencana disana.
alhamdulillah bantuan personil tnpa dsuruhpun datang silih berganti,.sling bergotong royong bahu membahu menggalang dana,.bahkan suasana yg sangat langkah pernah kami jumpai ketika dua dirigen aremania sling bertemu n bersatu tuk satu tujuan mulia ini,.beliau adalah yuli sumpil dan ell kepet..yg ikut langsung turun kejalan.

_Aremania garasi crew terdiri dari para pemuda pemudi as5lang.
walaupun sbagian pendiri n penggagas ada yang berada diluar malang,.silaturahmi tetap kami jaga antar pendiri komunitas kecil ini,karena hakekatnya walaupun secara geografis kami dipisahkan oleh tempat tinggal atw domisili tetapi kami disatukan oleh satu nama,...satu semangat,..satu tuk dukung arema.

tidak hanya dgn aremania saja,.garasi juga membuka pintu persaudaraan dgn siapapun elemen suporter diindonesia...karena kami memang lebih mengandalkan jalur diskusi / share dlm penjernihan masalah,.daripada mengandalkan otot n keanarkia saja.karena cara pandang kami itulah sehingga kami sering dijuluki ''the.intelektual holigan'' oleh sbgian orang atw komunitas suporter lain.

dalam melakukan tour keluar kota pun kami masih tetap memegang prinsip aremania pada umumnya yaitu ''DABORIBO"
damai boleh,..ributpun boleh.

_Sbuah tempat warung kopi telah kami sepakati n putuskan untuk mnjadi sbuah base camp sementara komunitas aremania garasi yaitu ''Hall of Coffe" atw sering disebut H.O.C GARASI.
HOC.GARASI terletak tepat didepan pertigaan terminal Landung sari malang.
jika anda berminat menjadi bagian dari garasi atw sekedar ingin bermain,.silahkan datang saja langsung kesana,

_saat'' kberangkatan menuju Theatre of Dreame stad.Kanjuruhan kepanjen malang kami biasa berkumpul dulu atw standby diarea museum brawijaya malang.
sambil berkumpul kami sdikit menyisihkan uang ''markipat'' untuk selanjutnya,....ya terserah anda.....This time is Lombok Moyaz together,...eheuheueheueh......
disela saat'' itulah 2 personel mentri lain bekerja dgn kekreatifitasanya,..
2 mentri itu adalah Mentri pengecatan yg digawangi oleh Arema cyber ''cebox'' n yuli hartanto als Nyak beutik.

tugas 2 mentri itu adalah menggambari wajah para personel aremania garasi dgn cat warna merah,..putih,..biru,...yg mnjadi trend bendera arema.
dstadion kami biasa standby diarea tribun selatan atw lebih tepatnya ditribun.11/12 berdampingan dgn nawak'' AKFB n Churvasud.


Ditribun selatan kami lahir,..Ditribun selatan kami berkarya dan Ditribun selatan kami beraksi,.....
Aremania Garasi ==>> Generasi Arema Anti Rasis n Anarki.





satu kebanggaan yang tak bisa diungkapkan adalah ketika gambar kepala singa yang iseng2 saya buat bersama temen saya berkibar gagah dalam bentuk spanduk sbuah korwil yg berbasis di jejaring sosial di tribun 12 kanjuruhan berdampingan dengan kreasi2 aremania yang lain. #mbrebesmili!


Jum'at 6 Juni 2008 kejadian yang tak pernah aku lupakan. Saat itu Timnas Indonesia berujicoba dengan Malaysia di Stadion Gelora 10 November Surabaya, kick off pukul 19.00 WIB

Waktu itu aku masih SMA, masih belum dipercaya oleh ibu nonton bola malem hari, apalagi jarak pasuruan ke surabaya 1,5 jam. Dengan meyakinkan ibu akhirnya dapat ijin, berangkat naik kereta dan pulang nak bis. Tetapi saat keberangkatan aku tertinggal kereta ekonomi penataran jurusan malang-surabaya, dengan semangat tinggi pengin dukung timnas naek kereta pertamina jadilah yang penting nyampe. Setiba di stasiun gubeng wonokromo ada temen terjatuh hampir saja kakinya terlindas, aku dan teman-temanku reflek loncat buat nolongin, untungnya dia gak papa, tapi perutku berdarah kena aspalan. Tak masalah yang penting bisa nyampe stadion.

 Di dalam stadion menyanyi menarih sepenuh hati dukung timnas garuda yang skoar akhir berkesudahan 1-1. Masalah muncul saat pulang dari stadion Gelora 10 November Surabaya, saat itu tak ada angkot untuk ke terminal Bungurasih. Dalam perjalanan jalan kaki menuju terminal aku menjumpai teman-temanku dari pasuruan yang numpang truk gandeng, karena banyak yang kenal jadilah ikut numpang dalam truk.

Tapi apes .. . saat mau naik truk diobrak polisi, gara2 ada anak jalanan yang memanfaatin ramainya suporter pulang dari stadion dengan menjambret cewek2 yang bawa hape. Akhirnya aku terpisah dengan rombongaku, cuman kita bertiga nekat cari tumpangan pick up. Akhirnya dapat, ternyata kita serombongan dengan anak jalanan tadi. Selama di atas pick up aku dikeroyok 3 orang tanpa tujuan yang jelas, yang laen ditodong pake senjata.

Hape teman2 amblas, kaos amblas, cuman ane yang berani ngelawan, hampir aja ditusuk untungnya gak dibolehin sama temen2nya. Hape raib, syal dan kaos raib tapi nyawa masih terselamatkan meskipun babak belur. Nyampe rumah gak cerita apa-apa.

Ternyata masku ada urusan dengan aku pengin telp kalo ada kerjaan, diangkat sama itu maling, akhirnya aku ngaku kalo abis ditodong, nah ini yang jadi masalah. masku ngehbungi semua kerabat yang nyimpen nopeku disuruh hati2. sampe akhernya mbakku yang kuliah di unesa waktu itu semester 6 kepikiran karena sayangnya sama aku, curhat2 ke temen2nya. akhirnya dia punya beban pikiran. Sampe akhirnya seminggu kemudian dia gak pulang ke rumah tapi nganterin kakak kosannya yang udah wisuda pindahan barang.

Dalam perjalanan dari surabaya ke gresik belia terjatuh dari motor karena duduk miring, pake helm gak standart. koma 3 hari akhirnya meninggal dunia.
aku belum sempat minta maaf karena bikin dia kepikiran :-(

pelajaran yang bisa diambil dari kisahku di atas adalah kepercayaan orang tua terutama ibu jagalah kepercayaannya, karena saat itu aku janji naek bis malah naek truk. :-(

dan juga masih ada duka lagi saat itu saya sempat kuliah di malang, karena terlalu sukanya dan cintanya pada tim kebangganku mengorbankan kewajibanku yang laen. sering bolos kuliah. karena kampusku swasta, di WEC yang bolos lebih dari 30% di D.O jadilah aku di D.O dari kuliah karena terlalu sibuk dengan dunia suporter. Pelajaran yang mungkin bisa diambil dari cerita kedua ini, loyalitas kita ke sebuah tim idola janganlah mengorbankan kewajiban yang laen. jadi suporter fanatik sah2 saja, tapi kudu ngerti batasan2nya juga.

semoga dari ceritaku di atas juga bisa diambil hikmahnya oleh member2 di sini :-)


Semifinal LI V/1999 :
Pertama kalinya menginjakkan kaki di SUGBK setelah termakan bujuk rayu kawan se-kos yang fans berat Persija dan pas PSIS juga masuk semi final. Mulai dari mau masuk sudah kagum dengan besarnya SUGBK. Tambah terharu ketika mendapati separuh lebih tribun berisi suporter PSIS. Bahkan tuan rumah (waktu itu seingat ane belum ada Jakmania) hanya menguasai satu sektor sama dengan suporter PSMS.

Sayangnya ane gak nonton pertandingan sampai selesai. Gara-garanya lupa kalo saat itu ada satu tribun dengan suporter Persija. Pas Ebanda Timothi (PSIS) bikin gol, ane spontan bersorak. Walhasil ane pun diungsikan oleh teman se-kos tadi sebelum babak belur. Soalnya pas itu suporter Persija sudah mulai memandang dengan tatapan "sasaran empuk" ke ane. Hehehe...

Harry Sagala om Fath Arema : ane ada juga malam itu tepatnya di tribun timur (bawah skor). Hujan kan? Kalo gak salah waktu itu PSIM perlu poin paling gak 1 untuk lolos degradasi. Awal kerusuhannya pas penonton emosi gara2 wasit gak ngasih penalti ketika ada pelanggaran. Dan puncaknya (yang paling ane inget) adalah Aremania sholawatan sambil nyalain korek api gas biar suasana adem (dan ajaibnya memang adem beneran). CMIIW ya om...

Idur Nade sam fath dan sam harry aku jg ada wkt hujan bom molotof di mankri jogja itu hhe..
aku skrang hnylah aremania elektronik.memang berat antara 'cinta arema dan tugas keluarga'..
dukanya pas ada live arema d tv dan aku lg krj hadowhh gak konsen blass..
sukanya cuma setahun sekali hhe hrs th jadwal arema tandang lawan sfc..
saat itulah melepaskan emosi dan euforia brsama nawak2 aremania..

aku tgg kedatangan nawak2 di jakabaring thn ini..
salam 1 jiwa
salam sedulur galo
dari palembang..



3 x saya dinas luar kota tempat dimana Arema bertanding away...
kerjaan sy tinggal demi nonton AREMA... Sanksinya, 3 x juga sy hrs pulang dinas dg biaya sendiri krn bos tiba2 mencabut penugasan saya...
hehehe... maunya ngirit, malah kena prit....


Coba Ikutan ahhh.....siapatau nasib...hahaha... >>judul'e I LOVE YOU ,DADDY !!..awal perkenalan dg Arema penuh intimidasi,mau nonton Film di bioskop 'Mutiara' th.1993..harus dipentung kepalaku dg batang bambu oleh segerombolan orang yg mau nonton bola ,kata arek2 itu...Wayah'e Arema iki,ojo ngamrin'ae(Waktunya Arema ini,jgn pacaran aja),lalu penasaran berlanjut ketika teman sebangku iseng2 ajak nonton jg (kebetulan akrab,karena sama2 ada darah 'Surabaya'nya..hehehe),tapi mulai dipalaki di Alun2,dipukuli sesama supporter Arema'pun pernah(Jaman AremaKota&AremaKab),atau harus disekap di Stadion Pelita KS & dipulangkan dg truk tentara,atau perang batu dg La Viola Tangerang,atau kenangan dg rival abadipun masih terekam ingatan...ITU MEMANG KENANGAN YG INDAH,

Tapi yg luar biasa adalah,bertahun2 umpet2an kalau mau nonton Arema dg berbagai dalih & alasan,atribut/bendera bikin sendiripun lenyap sudah kebiasan,diomel2i pun sudah langganan...tapi apa yg terjadi belakangan ini....

SEORANG NGALAMANIA SEJATI YG SELALU BANGGA PADA SAAT PERNIKAHANNYA DIRAMAIKAN SQUAD PERSEMA PADA JAMANNYA (th.1975),YANG SELALU MURKA JIKA TAHU ANAKNYA PULANG HABIS DARI NONTON AREMA,TERNYATA ..

Ssekarang menjadi Aremania,setelah berumur 58th...setelah mengetahui perkembangan sepakbola nasional pada saat ini,Beliau berujar..ini tidak beres !..mulai sekarang aku mau nonton AREMA saja..(Looh Arema yg mana ini ???)...Arema yg benar menurut beliau,tanpa mau mengutarakan alasan...tapi langsung dibuktikan,selalu hadir di laga Kanjuruhan,Stiker Arema sdh menempel gagah di spd.motornya,lalu Kaos Ngalamania'nya mana ??..Aku tdk berani menanyakannya..yg pasti AKU & BELIAU SUDAH BERNYANYI BERSAMA UNTUK PERTAMA KALINYA DALAM HIDUPKU,BELIAU ADALAH 'BAPAKKU !!!' (moment yg kuimpi2kan selama 19 tahun akhirnya terwujud) 



Endi botol aquakoe,jare Ebes...hahaha..kenek silup paleeeng...
Arema-PSMS...Crussial point !


PERSIJA VS AREMA yg brakhir 1-5 utk AREMA ,pngalaman prtama ayas k jakarta krena ayas bru aza lu2s skolah n bru mndapat ijin dri ortu utk nonton k luar kota ,sial bgi ayas krena ayas trsesat saat mnuju parkiran biz rombongan ayas
,sdah trsesat ,jlan glap ,trpisah dri rombongan ,hape mati pula ,bngung n takut jdi satu krena ayas g tau jlan d jakrta...alhamdulillah akhirnya brtemu nawak wlopun bkan 1 biz tp 1 area parkir ,tp sial trnyata nawak ayas jg bru prtama kli k jkarta ,jdi bngung deh brdua tp minimal ada tman lh buat ngobrol n nenangin diri ,alhamdulillah akhrnya ayas ingat bhwa prkiran dkat istora ,segera brtanya nawak the jak d kasih tau tmpatnya lngsung ktemu istora ,mncari rombongan biz ,akhirnya ktemu jg

Pngalaman yg indah krena AREMA JUARA n trsesat pda saat prtama kli k GBK....
hehehe bza buat crita k anak-cucu ntar klo dah tua...heh


Di YNM ane ngungkapin kisah jadul Klub Arema; dimari pun ane juga pengen ungkap kisah jadul Arema yg membuat ane jatuh cinta pada pandangan pertama; tapi ini cerita lucu yg pastinya lain dengan cerita ane di YNM walopun sama2 lucu, menurut ane. Kisah ini terjadi di bulan Agustus 1987 ketika Klub Arema Malang yg masih bayi melakukan perlawatan uji coba ke daerah di wilayah Malang...

Adalah PSB Bantur salah satu lawan tanding yg dipilih Arema kala itu. Adalah Meicky Tata yang menang adu tulang kering lawan cak Yatno; punggawa PSB Bantur yg punya kaki paling kuat ketika itu (sebagaimana ane kisahken di YNM); telah menjadi alasan JAP remaja 14 tahun siswa kelas 3 SMPN Bantur jatuh cinta ke Arema. Dalam benak muda ane kaki pemain2 Arema ini keras2 dan menangan. Wkwkwk

Jaman itu, main bola kalo gak adu tulang kering gak sah! Jaman itu, main bola kalo gak tawur gak seru! Jaman itu, JANGAN BAYANGKAN PSB vs AREMA MAIN DI STADION TERTUTUP YANG ADA TRIBUN PENONTONNYA! Nah, disinilah kisah ini diawali...

Laga PSB Bantur vs Klub Arema Malang dihelat di lapangan terbuka Kecamatan Bantur. Disebut terbuka karena faktanya benar2 terbuka. Sisi utara belakang gawang adalah jalan makadam yg di seberangnya kebun tebu, sisi timur kebun tebu, sisi selatan belakang gawang kebun tebu dan sisi barat tanah kosong yg berbatas jalan aspal kabupaten; di seberang jalan raya adalah tanah pekuburan umum.

Suatu kali tendangan keras salah satu pemain bertahan PSB dalam upayanya memotong umpan pemain tengah Arema menyebabkan bola melambung keluar lapangan ke arah kebun tebu di sisi timur lapangan. Pertandingan sempat terhenti menunggu bola keluar yg diambilkan oleh penonton; maklum, jaman itu penonton sekaligus anak gawang. Hehehe

Lama menunggu dan bola gak kunjung dilempar ke arah lapangan. Tiba terdengar orang ribut2 di sisi timur lapangan dan suara seperti kejar2an di area kebun tebu. Dalam benak ane berpikir, "wah carok neh!". Carok adalah istilah berantem yg tidak jarang menggunakan sajam.

Ribut2 gak jelas usai dg sendirinya dg teriakan2 yg makin menjauh dan sayup2 masih terdengar, "Maling! Maling! Maling!"; sementara penonton di sisi timur tertawa tawa. Ah...berarti bukan carok! Dan pertandingan berlanjut hingga akhir dg kedudukan PSB 1 : Arema Malang 3.

Setelah libur sekolah dalam rangkaian acara HUT Kemerdekaan RI ke 42 usai, teman sekelas ane; Tasemat namanya; dengan bangga bercerita, "Ayas punya bola kenang2an Arema, ho!". Dan dengan bangganya dibilang lolos dari kejaran orang sekampung bersama "bola Arema"!

BRUAKAKAKAKAKAKAKAKAKAKAKAKAKAKAK

Diamput! Entah dimana teman ane yg bernama Tasemat itu saat ini. Karena sejak lulus SMP ane ngikut babe yg pindah tugas. Oalaaah...Mat...Mat!

Bersambung..........Jilid 2...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar