Rabu, 08 Agustus 2012

Kiprah Aremania dari Dunia Maya (3)


Aremania dan Blog
Blog kadangkala disebut sebagai bagian dari sebuah website. Blog seringkali menyajikan opini, pandangan, komentar baik berupa tulisan, gambar maupun video.

Aremania pun tidak ingin ketinggalan dalam membuat blog. Berbagai blog berhasil dibuat di berbagai domain/server. Tidak ketinggalan pula genre/tipe blog yang diciptakan tersebut dapat berupa personal blog, ataupun blog yang terorganisir(memiliki identitas korwil/kelompok).

Beberapa blog yang ditemukan didunia maya pada pertengahan tahun 2000an sangat banyak. Beberapa blog yang menjadi jujugan diantaranya satujiwa.multiply.com yang menampilkan berbagai berita, foto, ataupun video. Blog ini mulai aktif di tahun 2007 ketika Arema melangkah ke Liga Champions Asia namun saat ini blog tersebut sudah mulai jarang update lagi.

Blog lain yang berkutat pada pembahasan Arema dan Aremania dapat ditemukan di internet seperti ongisnade.wordpress.com yang beberapa kali menjadi semacam 'backup' dari website ongisnade.net ketika server website sedang bermasalah atau melakukan migrasi.

Nyaris, tidak dapat disebutkan satu persatu berbagai blog yang memiliki main content tentang Arema dan Aremania karena saking banyaknya nawak-nawak yang membuat ataupun mengelola blog tersebut. Namun, semuanya memiliki misi dan tujuan yang relatif sama, perwujudan eksistensi Arema dan Aremania di dunia maya.

Aremania dan Social Media
Siapa yang tak kenal Facebook, Twitter, Digg, Friendster, myspace, dan sejenisnya. Beberapa layanan website tersebut merupakan bagian integral dari sebuah social media yang semakin mewabah di dunia maya.

Perkembangan social media memang semakin pesat beberapa tahun terakhir ini. Tidak terkecuali di Indonesia banyak member internet menjadi penggunanya, baik dari kalangan eksekutif, pelajar hingga para ibu rumah tangga.

Tidak ketinggalan pula para penggemar sepakbola, khususnya Aremania. Ratusan ribu Aremania menjadi member social media dan saling berinteraksi didalamnya.

Di facebook misalnya terdapat group, page, dan berbagai aplikasi tempat berkumpulnya Aremania. Halaman ongisnade.net misalnya dianggotai oleh lebih dari 132ribu orang saat ini, sementara aremania.com sempat memiliki jumlah anggota lebih dari 100ribu orang sebelum 'restart' dan mendapatkan jumlah anggota hampir 10ribu orang.

Ribuan Aremania yang menjadi member halaman tersebut biasanya berinteraksi dengan melakukan post atau memberikan komentar dari postingan member/admin halaman tersebut. Posting ataupun komentar yang diberikan bermacam-macam. Namun pada umumnya berkisar tentang informasi Arema dan Aremania.

Tak ketinggalan di social media lain seperti twitter terdapat puluhan atau ratusan ribu Aremania yang tergabung didalamnya. Akun twitter @AremaFC saja memiliki jumlah follower lebih dari 28ribu yang tersebar di berbagai penjuru dunia. Akun twitter lainnya seperti @AremaAremania memiliki jumlah follower sekitar 10ribu orang.

Di twitter setiap account dapat melakukan posting komentar pendek dengan batas maksimum 140karakter. Dengan pesan sependek SMS tersebut para account dapat berinteraksi secara singkat dan mengena.

Seringkali dengan keterbatasan karakter tersebut membuat member twitter harus sekreatif mungkin menyusun twit(pesan/komentar didalam twitter) seperti layaknya mengirimkan SMS. Tidak jarang pula ketika twit yang hendak dikirim berlebih karakternya para member harus memotongnya menjadi dua atau beberapa bagian sebelum ditwitkan.

Dengan segala keunikannya tersebut harus diakui tidaklah heran jika penggemar twitter semakin banyak. Keunikan-keunikan seperti yang menjadikan social media semakin menggurita dan mendapat sambutan hangat dari penggemarnya, tidak terkecuali Aremania. Dimedia sosial lainnya seperti friendster, hi5, foursquare, myspace, dll saja diperkirakan jumlah Aremania yang tergabung didalamnya mencapai angka diatas seratus ribu orang.

Jumlah tersebut bukan saja menyatakan jumlah Aremania yang meleg internet, tetapi adanya pangsa besar bagi para sponsor yang ingin berbisnis dengan Arema. Jumlah ratusan ribu orang yang dapat mengakses internet kapan saja dan dimana saja tentunya jauh menggiurkan dibandingkan puluhan ribu orang yang terbatasi jumlahnya untuk masuk ke stadion di kala Arema bertanding.

Rasanya kita tidak dapat meremehkan peran dunia maya bagi perkembangan klub Arema dan suporternya(Aremania) untuk kedepannya. Bagaimanapun dunia internet adalah sarana yang efektif dan ampuh meski hanya untuk sekedar berinteraksi dan bertukar informasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar