Rabu, 08 Agustus 2012

Kiprah Aremania dari Dunia Maya (2)


www.satujiwa.net juga menyajikan sesuatu yang baru dibandingkan berbagai website suporter Indonesia ketika itu diantaranya penerbitan buletin bertajuk 'Buletin Satujiwa' secara berkala. Sejak tahun 2006 hingga vakumnya website www.satujiwa.net pada pertengahan tahun 2009 total telah diterbitkan 18 edisi buletin berformat pdf.


 
Header website www.satujiwa.net di tahun 2007

Buletin tersebut menyajikan berbagai macam content, mulai dari editorial, essay dan opini, berita, galeri dan berbagai liputan yang berkaitan dengan kegiatan Arema dan Aremania.

Diluar beberapa website diatas masih terdapat beberapa website lain yang terbit bersamaan atau setelah berakhirnya masa edar website diatas. Terkadang juga website tersebut meski memakai nama 'Arema' maupun 'Aremania' sebagian besar contentnya tidak berkaitan dengan Arema dan Aremania. Atau dalam arti lain content website lebih bersifat heterogen.

Beberapa website tersebut diantaranya www.aremania.web.id, www.malang.net, arekngalam.net, dll. Ditahun-tahun berikutnya bertambah pula website yang bertema Arema dan Aremania diantaranya ongisnade.net(2008) kemudian berganti menjadi ongisnade.co.id(2011), aremasenayan.com, wearemania.net(2010), aremania.com, malangsoccernews.com, dll.

Untuk mailing list(milis) sendiri setelah lahirnya milis arema-l juga diikuti beberapa milis lainnya seperti arema@yahoogroups.com(2003) yang digawangi oleh Sam Rachmad Hidayat, satujiwa@googlegroups.com(2006) yang dikomandoi Sam Zaldy. Ketiga milis tersebut masih aktif sampai dengan saat ini. Sejak era Bentoel hingga sekarang ini manajemen Arema sering memantau jalan diskusi milis dan beberapa kali muncul di permukaan untuk ikut berposting.

Jejak Aremania di Forum-Forum Internet
Ada banyak sekali website-website yang dilengkapi forum sebagai sarana untuk berdiskusi. Forum tersebut memiliki banyak kegunaan. Selain untuk berinteraksi dengan user internet lain, juga menambah informasi bagi penggunanya.

Suporter juga merupakan makhluk sosial. Merekapun butuh bersosialisasi dengan suporter lain. Jika didunia nyata mereka biasa melakukannya dengan bertatap muka, maka di dunia maya mereka bisa melakukannya dalam berbagai hal, forum salah satunya.

Beberapa forum rujukan yang biasa digunakan untuk berdiskusi diantaranya forum bentoel-arema.com, ongisnade.friendhood.net, dan aremaisme.net. Umumnya pembahasan di forum tersebut sebagian besar mengarah tentang Arema dan Aremania, sebagian besar membernya pula adalah Aremania ataupun penggemar klub Arema.

Bentoel-arema.com mengawali sebuah forum yang khusus digunakan sebagai tempat bersosialisasi Aremania. Lahir di tahun 2006 tampilan website bentoel-arema.com yang serba biru sangat klop dengan identitas yang dibawanya. Sayang, karena kurang promosi atau sebab lainnya forum ini secara perlahan mulai ditinggal membernya hingga munculnya beberapa wadah forum Aremania lainnya seperti ongisnade.friendhood.net, maupun aremaisme.net.

Keduanya memiliki ciri khas dengan desain buatan Aremania sendiri dan manfaat sebagai tempat berinteraksinya para Aremania di dunia maya. Dengan tampilan yang elegan bercita rasa Aremania, forum tersebut menarik untuk dikunjungi. Aremania yang menjadi membernya dapat berinteraksi dengan melakukan posting baik berupa text, graphic(image) maupun tampilan video.

Di lain pihak juga terdapat beberapa forum baik yang khusus membahas sepakbola ataupun umum namun terdapat banyak Aremania yang bergabung didalamnya. Beberapa diantaranya ligaindonesia.com/forums(2005), fansbola.com(2002), detikforum, kaskus(Aremania Kaskus), dsb.

Diantara beberapa forum online tersebut ligaindonesia.com menjadi rujukan utamanya. Website yang dibuat oleh salah satu member Slemaniacyber, Ferry Wiharsasto di pertengahan tahun 2005 ini tidak hanya dipadati oleh Aremania, namun juga beberapa kelompok suporter lain seperti Bonek, Bobotoh, Pasoepati, dll. Tercatat di tahun 2007 masa puncak kunjungan website tersebut terdapat puluhan subforum yang masing-masing diisi oleh kelompok suporter sebagai markasnya.

Karena namanya ligaindonesia.com maka content berita dan forumnya pun sebagian besar didominasi oleh klub ataupun suporter sepakbola Indonesia. Nyaris pada saat itu ligaindonesia.com benar-benar dijadikan sebagai pusat pertemuan suporter di dunia maya. Tidak banyak wadah yang menyatukan berbagai kelompok suporter di satu tempat ketika itu. Sekarang segalanya seakan dibuat lebih mudah dengan munculnya berbagai social media lain seperti facebook, twitter, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar