Minggu, 16 September 2012

FDSSI: Cerita Suka Dan Duka Menjadi Suporter Kebanggaan (2)



13.Awan Pahlevie

Pengalaman saya dulu waktu nonton pertandingan PERSIJA vs AREMA di jakarta,ketika itu saya benar2 udah kehabisan uang untuk bertahan di JAKARTA.

padahal uang di celana cuman tinggal pas buat ongkos balik sama buat beli TIKET pertandingan,karena saya terbiasa menonton pertandingan dengan membayar,jadi saya berniat untuk menyimpan baek2 uang tsb.
berhubung saya datang ke JAKARTA H-3,pas sehari sebelum pertandingan dimulai uang buat makan saya kehabisan.

awalnya saya bingung mau makan pake apa ???
berhubung dulu waktu di JAKARTA saya belum banyak yg kenal dengan anak2 JAKMANIA,saya bingung mesti minta tolong sama siapa ???
so,saya pikir buat hari ini saya PUASA dulu deh,
trus keesokan harinya badan saya sampe masuk angin,
sampek pas hari pertandingan mau dimulai tubuh saya benar2 lemas,
akhirnya saya cari DEPOT di sekitar situ,sampai saya ketemu DEPOT MASAKAN PADANG.

saya berpikir bagaimana caranya bisa makan gratis,tapi tidak membuat si PEDAGANG merasa terganggu,saya juga tidak mau menjarah makanan pedagang tsb,karena saya juga pernah kerja di sebuah depot.
dengan sangat terpaksa saya memberanikan diri untuk menawarkan JASA menjadi "PEGAWAI DADAKAN" hanya untun sebungkus nasi PADANG.
dan ternyata sang bapak itu mengijinkan saya kerja mengantarkan makanan kepada pelanggan dengan bayaran hanya sebungkus NASI PADANG.

setelah jam menunjukkan jam 15.00 wib,saya mau pamit menonton pertandingan,lalu si BAPAK membungkuskan saya 2 bungkus nasi + uang buat beli rokok.
bapak itu juga mengatakan kepada saya "LEBIH BAEK SEPERTI INI,DARIPADA KAMU MENJARAH MAKANAN ORANG LAEN"
alhamdulillah saya bisa makan juga akhirnya.


Pengalaman Saya sebagaiSUPORTER sepak bola sekaligus bertugas sbagai TIM MEDIS kesebelasan AREMA adalh saat AREMA vs PERSITARA jakarta utara..saat itu DEJAN STANCOVIQ (persitara) cedera d tengah lapangan saat mau saya naikan tandu MICKY TATA mendorong kepala Dejan karena d anggap pura2 sontak DEJAN bals menendang MICKY TATA tp apesnya tendangan dejan tepat mengenai paha saya ..karena merasa kesakitan sya balas tendang DEJAN..akhir yang terjadi adalah saya berkelahi dngan DEJAN d tgah lapangan..mngkin satu2nya PETUGAS PMI (Kesehatan) BERKELAHI DENGAN PEMAIN SEPAK BOLA DI TENGAH LAPANGAN ADALAH SAYA..


Masuk sekolah MTS siang n kebetulan ada konvoi aremania yg mau berangkat tour keGresik,yg ada dibenak saya "ni suporter rapi bgt" dr situlah mulai penasaran ama AREMANIA kala dukung AREMA...

cak kaji Dawasit "Aremania Sandal,krn dia juragan sendal" yg crita seperti apa Aremania mendukung Arema seperti ini itu,Setelah masuk SMA br dpt ijin blh liat Arema main n kebetulan ARema menghuni DIVISI 1. pertama brangkt sm sodara n selebihnya brangkat sendiri,tiap lewat dipurwosari ada aja yg bilang ARema Jancok,arema degradasi dll...

tiap brangkt slalu ngarang crita dl keGuru biar bisa pulang cepet,krn kl brangkt kesorean pst g dpt tiket + nyari utangan dl buat beli tiket "soalnya bpk q sukanya ama Green Force". alasan buat pulang cepet hny bertahan 3x krn yg ke4 dah ketahuan n bsknya hrs menikmati membersihkan sampah disekolah.

yg amat sedih ketika jalur tengah yg menuju gajayana harus dialihkan lewat arjosari,bingung setengah mati harus lewat mana menuju gajayana krn yg saya tau cuma jalur tengah saja untuk menuju stadion,akhirnya tukang becak dideket lavalette yg kasi tau arahnya...

yg paling seneng ketika Arema VS Barito putra yg berakhir 1-1 klh salah,seneng+kagetnya krn tiket yg dijual panpel hanya "5rb rupiah"...


Bismillah, ayaz kolem Quiz utk pertama kalix. . .
Suka duka sbg suporter yak?
Pa'an yak?
Kaya'x dah pada terwakilkan ma postingan" senior" d ataz deh. . .
Ayaz ta'coba ambil dr sudut pandang yg agak beda, pi moga g kluar dr tema yak Om" Admin. . .
Dg susah payah ayaz nyoba memutar memori kembali k bulan November 2010. . .

Ketika tu, klub kebanggaan Ayaz AREMA INDONESIA tengah berjuang lepaz dr hegemoni JUARA ISL 2009/2010 dg fokus persiapan menyambut musim 2010/2011. . .
Kala itu squad yg dipimpin Miroslav Janu tsb tengah TC d Pulau Dewata Bali. . .

Kebetulan saat tu mantan ojob ayaz gi mengandung 1 bulanan, posisix lagi da d Malang, lha Ayaz sendiri waktu tu mc tengah berhadapan dg deadline skripsi d sebuah Universitas d Surabaya. . .

Enak" nyari materi d perpus kampus, eh d'telfon ma dia, katax Ayaz d'suruh nyariin tandatangan n foto bareng ma Dendy Santoso, SEKARANG JUGA!!
Lhah, siapa yg g panik coba klo ojob yg gi hamil minta sesuatu kaya' gto?
Jujur, waktu tu Ayaz skalipun lom pernah yg namax liyad wajahx si Dendy dg mata kepala Ayaz sendiri, meskipun dia tu idolax mantan ojob. . .

Tanpa basa-basi k petugas perpusx, Ayaz langsung cabut k kontrakan Ayaz utk ambil motor. . .
Stelah korek" info dr FP AREMANIA.COM, Ayaz tw klo ternyata rombongan Squad AREMA INDONESIA on the way pulang dr TC d Bali n transit bentar d Juanda. . .
Motor pun ta'gas menuju k Juanda (gaya poool, meski dah 5 tahunan d Surabaya, sbelomx Ayaz lom pernah skalipun menginjakkan kaki d Juanda, hahaha). . .

Sialx, pe' sana tanya" k s'org petugas (entah pa'an jabatanx Ayaz g mikir waktu tu), dia bilang rombongan AREMA barusan cabut dg bus pribadi mereka 1/2 jam sbelom Ayaz parkir, huaaaaaa!!!

Ayaz b'pikir, Wah kaya'x dah g mungkin ne ngejar =(
Pi karna Ayaz inged ma sosok kecil d dalam perut ojob yg nantix rencanax mo Ayaz jadikan AREMANIA, akhirx Ayaz bulatkan tekad mengejar bus tsb, semampu yg Ayaz lakukan. . .
Lhah, utk saat tu Ayaz bener" berterimakasih pd lumpur Lapindo yg menyebabkan kemacetan d daerah Porong & skitarx (Sorry yak bwt yg merasa jd korbanx), karna berkat kemacetan tsb bus yg membawa Squad AREMA tu tertahan cukup lama, malah Ayaz sempat nyelip d pertigaan Gempol. . .

Wow, hujan kala tu bwt Ayaz malah tambah semangad bwt mengejar pa yg jd idaman ojob. . .
Singkat cerita, akhirx Ayaz berhasil 'mengawal' bus tsb sampe' k halaman mess pemaen AREMA. . .
Setelah parkir motor sembarangan d pinggir jalan, langsung ajah Ayaz nyamperin pintu bus, n satu persatu pemaen AREMA turun. . .
D dalam otak ayaz coba mereka", YG MANA NE DENDY???
Dan. . .
Dan. . .Dan. . .
Sampe' pemaen trakhir yg turun dr dalam bus, g terlihat wajah Dendy Santoso yg tandatanganx sangad" diinginkan ma ojob yg lagi ngidam. . .
Masyallah, d dalam kekecewaan Ayaz tiba" dr arah blakang se"org menepuk pundak Ayaz n bertanya : Sam, sampean ket mw ngetutno teko Suroboyo a? (Mas, Anda tadi mengikuti dr Surabaya yak?)

Ayaz cuma bisa mengangguk lemaz g bergairah. . .
Bapak" (yg ternyata crew/official) tsb nanya lagi : Kate lapo Sam? (Mau apa Mas?)
Liyad da sedikit pluang terbuka, Ayaz langsung mengutarakan maksud kedatangan Ayaz k situ, n kuasa Allah, tanpa bla bla bla lagi tu org langsung masuk k dalam mess n g lama keluar lagi dg tandatangan d sebuah foto Dendy ukuran post card, WOW!!
Stelah Ayaz cium tangan tu bapak sambil terharu, Ayaz langsung cabut pulang k rumah, sampe' Ayaz lupa nanya siapa nama tu bapak baek hati tadi. . .
Saking seneng'e reeek!! =)

Pi sayang, da kesedihan d balik kisah 'kepahlawanan' tsb. . .
D usia 3 bulan, si calon AREMANIA tu meninggal n si Bunda skrg telah berpisah dg Ayahx. . .
Yasudahlah, tu tadi sepenggal kisah dr Ayaz tentang suka duka s'org suporter dg sudut pandang yg agak nyleneh klo Ayaz pikir". . .
Klo pun tar g da yg like, minimal g d'remove, hehehe

Coz dr kisah tsb bisa menginspirasi Qta bahwa jiwa s'org AREMA tu salah satux adalah PANTANG MENYERAH!!
RISE to FIGHT!!
Salam Satu Jiwa Satu Arema Indonesia. . .

Ikutan akh mudah"n ada rizky buat saya & saya pun mengharapkan hadiah dari ADMIN,LIKE yach kawan"
xixixiixixixixiixi

nie hanya cerita kecil yg seharus'a tidak usah di ungkapkan & maupun di lontorkan.tapi nie cerita saya yg nyata & fakta dari awal mengetahui dunia sporter yg benar keras di luar sana.saya hanya sporter baru yg mulai tahu arti sporter yg sesungguh'a arti tali PERSAUDARAAN & PERMUSUHAN antar sporter.saya dari kota bogor & mencintai PERSIB BANDUNG.walaupun saya tidak berpengalaman tour" jauh luar kota tapi setidak'a saya tau cerita dari kawan".

TINGGAL di BOGOR tidak sebebas apa yg di rasakan sporter kota dari team KEBANGGAN di BOGOR masih banyak yg kontra dalam artian PERMUSUHAN bahkan sebagian dari teman saya banyak yg tidak sejalan dengan saya (BEDA TEAM KESAYANGAN & KEBANGGAN) tapi KITA SEPAKAT BAHWA PERSAHABATAN DI ATAS SEGALA'a walaupun kawan" yg lain ( KAWAN DARI SPORTER TEAM KEBANGGAN) banyak yg kurang menerima saya di karenakan BERSAHABAT dengan sporter yg KONTRA dengan mereka.tapi tetap saya BERPEGANGAN dari awal masuk dunia SPORTER bukan ntuk mencari MUSUH tapi memperbanyak SAHABAT & menjalankan SILAHTURAHMI.

#JUJUR IKUT COMENT MENGHARAPKAN HADIAH,SAYA TIDAK MUNAFIK !!!


Minggu,7 oktober 2001...
jam dinding
kamar tepat menunjuk angka 9 saatnya
bergegas mandi.
selesei mandi gw pakai kaos oranye
bertuliskan GUE ANAK JAKARTA dan
celana panjang jeans plus sepatu eagle
ceper gw...

agak malu2 gw beranjak keluar rumah
(saat itu jarang d kampung gw ada yg
iseng pake kaos oranye,ngejreng banget)
membawa bendera yg gw bikin sendiri
(sebenernya sih minta tolong anton
tetangga gw yg bisa jahit) dari bahan
kain hero yg gw beli waktu itu dengan
haraga 5ribu perak/m2.

ada keragu raguan yg hadir di benak gw
kala itu...berangkat atau nggak,apalagi
gw harus jalan ke tempat temen gw yg
jaraknya 1 kilometer dr rmh..jalan pula
(maklum waktu itu belum punya motor)
tapi akhirnya tekad gw bulat..GW HARUS
BERANGKAT!!
karena ini partai final........PERSIJA vs
PSM
sampai di tempat temen gw ternyata
kita masih harus ke daerah menceng
tepatnya SMU 56..di sana udah ngumpul
anak2 yg lain....

perjalanan menggunakan mikrolet pun
harus gw tempuh sekitar setengah
jam,jam 10.30 gw sampai di menceng...1
jam tertahan disana akhirnya kita
berangkat menuju senayan ke stadion
gelora bung karno.

kembali dengan angkot gw dan the jak
yg lain menuju cengkareng.....sampai di
cengkareng kami menumpang sebuah
kontener tapi sial baru sampai jembatan
gantung kontener itu harus berbelok
arah jadilah kami turun dan kembali
mencari tumpangan,tak berapa lama
sebuah himpurna 64 lewat tanpa pikir
panjang karena harus secepatnya
sampai di senayan kami pun naik walau
di dalam sudah penuh sesak.
dan itupun hanya kami tempuh sampai
grogol lalu kami lanjutkan menggunakan
mayasari bakti p18 sampai senayan...

Akhirnya gw nyampe di senayan,di
stadion yang megah yg gw yakini hari itu
sebagai hari bersejarah bagi PERSIJA
JAKARTA...
jam 13.30....gw masih di luar stadion
dan masih bareng temen2 gw
seperjalanan tadi,
gw sempet nyeletuk ke salah satu temen
"woy,beli tiket gih sana bentar lagi kick
off" karena saat itu gw takut banget
tanmpa tiket gak bisa masuk.
dan gw mendapat jawaban yg tambah
bikin resah "gak usah beli tiket,ntar kita
jebolan aja"
keresahan gw wajar karena gw gak
pernah ikut jebolan,tapi ya udah gw pikir
sekali sekali bolehlah :D

15.30 pertandingan di mulai dan gw
masih ada di luar....berbaur dengan
konsentrasi massa the jak yg berkumpul
di pintu masuk kelas rata2 alias
tribun....
teriakan "buka...buka.."terus
menggema dan akhirnya petugas secara
bertahap membuka pintu walau acara
dorong2an,desak2an bahkan injek2an
kepala mengiringi proses masuknya
suporter ke dalam stadion.

akhirnya gw bisa masuk k stadion ketika
pertandingan berjalan sekitar 17 menit
denagan luka sobek di lengan kiri dan
terjatuhnya KTA(waktu itu kta gw
kantongin dengan niat gw beli
tiket,dengan nunjukin kta berarti ada
potongan harga..hehehehe).

dan PERSIJA sudah unggul melalui
imran "boim"nahumarury di menit
ke3,bisa di bayangkan tim kesayangan
gw dan sebagian besar penonton
lagileading di sebuah partai final pasti
euforia di dalam stadion sangat
bergemuruh.di tambah sebuah gol dari
bambang "bepe20" pamungkas 2 menit
sebelum jeda makin membuat euforia
kami berkobar,bayangkan juara yg kami
idam2kan selama 7 tahun bergulirnya
liga indonesia hanya terpisahkan 45
menit babak ke2.
gol yg membayar kartu kuning yg ia
terima beberapa menit sebelumnya yg
gw yakini sebagai kartu kuning pertama
bepe di liga

BABAK KE II.
Ketika sebagian besar penonton masih
membetulkan letak duduknya,dan masih
ngobrol setelah jeda kami di beri
kembali gemuruh luar biasa dari
seorang bepe dengan gol ketiga buat
PERSIJA di menit 47.

menit ke 63,psm mendapat hadiah
penalti dr wasit dan berhasil di konversi
menjadi gol oleh bento,
PERSIJA 3,PSM 1.
10 menit kemudian PSM bahkan berhasil
mencetak gol lewat kurniawan tapi
beruntung gol itu di anulir karena kurus
berada dalam posisi offside.tapi di
menit ke 77 PSm benar2 menipiskan
margin ketinggalan menjadi 2-3 melalui
gol kurniawan.

gemuruh mendadak sunyi,optimisme
berganti kekhawatiran.
teriakan "macan...bangun....macan
bangun....." jadi lagu yg kami
lantangkan sebagai pembangkit
semangat buat punggawa macan
kemayoran..dengan harapan
keunggulan ini tetap terjaga hingga usai
pertandingan.
akhirnya wasit benar2 meniupkan bunyi
pluitnya yg terakhir kali sore itu dan
artinya dengan skor yg tetap 3-2
PERSIJA adalah juara liga indonesia
2000/2001.

JUARA.....ya kami JUARA...........

di depan presiden ibu megawati kami
JUARA.....

air mata,teriakan
kepuasan,kegembiraan mengalahkan
segalanya bahkan melupakan fakta
bahwa 2 hari sebelumnya gw di skors
dari kerjaan karena bolos saat
menyaksikan semifinal lawan pesebaya.
gak berhenti kami mengelu elukan
bambang pamungkas,imran
nahumarury,luciano
leandro,nuralim,gendut doni,widodo
cp,dedi umarella,budi sudarsono,mbeng
jean dkk..

lepas 1 jam di dalam stadion satu
persatu the jak beranjak keluar,ada yg
duduk2,bernyayi di iringi dengan
jogetan rekan yg lain...gw lebih memilih
mencari gorengan dan air minum
(maklum laper banget).
ada juga rekan2 yg berkumpul di depan
komdak melepas kepulangan suporter
psm dengan nyanyian damai,ada juga
beberapa yg bertukar kaos dan syal.
pertandingan yg di akhiri dengan damai
oleh kedua suporter dari kedua
kesebelasan...indah..
kami berpesta,,,kawasan
senayan..jalan2 protokol hingga kolam
bundaran HI ajang kami berpesta
malam itu....warga jakarta yg lain dan
polisi seperti "mempersilahkan" kami
menikmati pesta besar hajatan kami...

senin,02.30...pesta beringsut
usai...tinggal sebagian kecil dari kami yg
masih ada di jalan..dan gw memilih
pulang dengan senyum..senyum
puas..senyum kemenangan..senyum
seorang suporter klub JUARA LIGA.
gak perlu memikirkan bahwa esok
skorsing gw masih berlaku.
gw pengen berpesta seperti 11 tahun
lalu,sama seperti kalian yg dulu juga
merasakan euforia itu...
buat yg belum merasakan mungkin
coretan ini bisa menjadi motivasi kalian
buat terus dukung PERSIJA...
karena PERSIJA ada buat gw,elo dan kita
semua...THE JAKMANIA.
Pun sebaliknya....gw..elo..dan kita
semua ada buat PERSIJA..
FORZA PERSIJA...
SAJETE


Ini pengalaman tahun 2011, saat Persib vs Arema.

Hari Jum'at, tanggal 21 Januari, kami (Aremania Parahayangan) mengunjungi tempat menginap pemain, Hotel Topas Galeria di Jl. Pasteur Bandung. Seperti biasa kami menunggu dengan sabar mereka selesai makan malam, kemudian kami berfoto dan berjabat tangan dengan pemain, senang sekali rasanya bisa memberikan dukungan langsung kepada pemain.

Setelahnya, kami yang berjumlah sekitar 10 orang menuju sebuah angkringan di daerah Monumen Pancasila, depan Gasibu. Disana kami menemui Ketua Viking Persib Club, Pak Heru Joko beserta rekan-rekannya. Kami berkoordinasi tentang pembelian tiket untuk Aremania Parahyangan. Serta rencana Pak Heru Joko untuk mendatangkan bendera Aremania dari Malang. Ketika itu hubungan Aremania dan Viking kurang begitu harmonis, namun kami berusaha menjalin silaturahmi yang baik demi bisa mendukung klub yang kami cintai.

Hari Minggu pagi, saya beserta beberapa rekan Aremania Parahayangan datang ke Viking Fanshop di Jl. Banda, tujuan kami tak lain adalah untuk mengambil pesanan tiket. Kami datang dengan mengenakan atribut kebanggaan. Kebetulan di lokasi terdapat salah seorang koresponden TV One, beliau kemudian mewancarai kami. Menurut informasi dari teman-teman, beritanya muncul sekitar siang hari. Menjadi sebuah momen tersendiri, bahwa dengan kondisi yang kurang baik, kami masih diperkenankan hadiri di Stadion Siliwangi oleh tuan rumah.

Sore hari, kami secara bergerombol memasuki Tribun Selatan Samping VIP, kami melihat sebuah spanduk sederhana bertuliskan "VIKING - AREMANIA SATU BIRU BUKAN MUSUH", walau tulisan itu tak bertahan lama terpampang, namun kami cukup gembira, karena masih ada pihak-pihak yang berjuang untuk kembali mengharmonisasikan hubungan. Terakhir kami tahu itu adalah usaha dari Viking Unpas.

Kami memang tidak terlalu menonjolkan diri, karena mengantisipasi suporter yang tidak suka dengan kehadiran kami. Namun koordinasi dengan Pak Heru Joko dkk terus kami lakukan. Kami juga menghargai usaha dari beberapa rekan Bobotoh yang berusaha membentangkan spanduk Arema, walaupun usaha itu ditentang oleh sebagian besar yang ada di stadion.

Aremania yang hadir di Stadion Siliwangi malam itu tak dapat menyembunyikan kegembiraannya karena unggul 0-1. Namun karena ketidakpuasan terhadap wasit, malam itu sempat rusuh, bahkan suporter memasuki lapangan. Kami pun memilih keluar stadion untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Kami kemudian mendengarkan siaran dari radio, walau akhirnya kedudukan imbang satu sama, tapi banyak hal yang kami rasakan. Bahagia bisa bertemu pemain, bisa bersilaturahmi dengan sebagian suporter tuan rumah, muncul di layar kaca, namun sekaligus was-was ketika keberadaan kami tidak disukai orang lain.


Pengalaman terbaik saya sebagai suporter adalah ketika saya mendukung langsung Persipura ketika melawan Kashima Antlers di Ibaraki dalam gelaran LCA 2010. Waktu itu saya memang sedang berada di Mito (ibukota prefektur Ibaraki) bersama orangtua saya. Waktu itu disamping sedang menemani orangtua saya untuk urusan keluarga, saya memang berencana menonton langsung pertandingan Persipura vs Antlers di kota Kashima karena jarak dari Mito ke Kashima tidak terlalu jauh. Langsung saja setelah meminta izin dari orangtua, saya bersama salah seorang kerabat ayah saya pergi menuju Kashima Soccer Stadium untuk menonton pertandingannya. Waktu itu kami belum memiliki tiket,tetapi untungnya tiket masih tersedia di loket pembelian karcis. Yang lebih menariknya adalah saya dan kerabat ayah saya berbeda dalam urusan klub yang dibela. Saya mendukung Persipura, sedangkan kerabat ayah saya adalah seorang pendukung fanatik Kashima Antlers. Pada saat memasuki stadion, suhu beranjak menurun hingga kurang dari 10 derajat Celcius. Terpaksa saya menyerahkan jaket saya kepada kerabat ayah saya tersebut karena beliau masih merasa kedinginan. Jadi, saya menonton pertandingan itu tanpa memakai jaket di suhu yang hampir menyentuh 5 derajat Celcius dan dalam kondisi hujan.

Ketika memasuki stadion, saya dan kerabat ayah saya itu memilih tempat duduk yang terpisah cukup jauh. Beliau berkumpul di komunitas fans Kashima Antlers, sedangkan saya memilih duduk menyendiri di tribun yang agak kosong. Pada waktu itu saya tidak melihat sedikitpun penonton yang memakai atribut Persipura, kecuali saya sendiri. Untungnya waktu itu saya bertemu dengan 7 orang pendukung klub Kashiwa Reysol yang notabenenya merupakan rival Kashima Antlers. Mereka penasaran dengan aksi Persipura dan juga pemain muda Antlers saat itu, Yuya Osako. Langsung saja saya mengajak mereka mendukung Persipura dan mereka akhirnya menjadi Persipuramania dadakan. Walaupun cuaca sangat dingin, namun kami mendukung Persipura dengan senang dan bersemangat. Walaupun akhirnya Persipura kalah telak 5-0 dari Antlers, tapi saya senang karena Persipura dapat menampilkan permainan terbaik di negeri orang. Hal yang tak kalah membuat saya senang adalah bahwa walaupun saya mendukung Persipura, tapi saya dan 7 orang fans Kashiwa Reysol tersebut mendapat perlakuan yang sangat baik dari fans Kashima Antlers. Terlebih bagi 7 orang fans Reysol itu yang klubnya merupakan rival dari Antlers. Tidak ada intimidasi ataupun kata-kata kasar dari fans Antlers. Mereka bahkan memberi saya syal Kashima Antlers karena mereka tahu bahwa saya tidak memakai jaket ataupun syal saat itu. Mereka berkata mudah-mudahan syal ini dapat cukup berguna untuk menghangatkan tubuh saya. Perilaku yang mungkin cukup sulit didapat bagi suporter lawan yang mendukung klubnya di kandang lawan di Indonesia.

Mudah-mudahan dari pengalaman saya ini para suporter sepakbola di Indonesia dapat menyadari arti persahabatan antar suporter. Rivalitas boleh ada, tapi persahabatan antar suporter tetaplah yang utama. Jangan lagi ada nyanyian rasis ataupun perkelahian antar suporter. Hidup sepakbola Indonesia !!!


 menurut ane ada semacam compassionate yang begitu dalam bagi setiap pendukung AREMA (yang asli lho, bukan glory hunter) dan hal itu nggak akan bisa diperoleh jika kita melihat klub lain bertanding, sebagus apapun mereka main. Compassionate yang bagaikan candu tersebut akan menjalar ke dalam setiap urat nadi kemudian memompa adrenalin yang membuat kita kuat menahan apapun, puncaknya tentu akan terasa ketika peluit akhir berbunyi dan AREMA keluar sebagai pemenangnya. Bagi ane pribadi, itulah sukanya menjadi pendukung AREMA yang tidak akan ane dapatkan saat menonton klub lain. Terlebih jika di sekitar kita (orang yang ikut menonton) adalah pendukung tim lawan. Momen seperti itu yang akan membuat kenikmatan dalam menonton pertandingan makin berlipat ganda.

Dukanya : Hampir nggak ada. Paling kalau lagi kalah trus diejek pendukung lawan ama keujanan di stadion
Tapi itu akan menjadi sebuah hal yang layak untuk diperjuangkan, kalau yang didukung adalah klub sehebat AREMA INDONESIA.

Ane tambahin sedikit harapan :
suatu saat Arema kondisinya bener-bener stabil, gak ada masalah-masalah klasik yang muncul tiap musimnya, Arema yang bebas dari unsur-unsur politik, Arema yang bener-bener mandiri dan profesional, punya fanbase yang kuat dan terorganisir, dan mungkin suatu saat sebagian
besar saham Arema harus dimiliki oleh suporter juga. Aminn


Berbagi pengalaman saya; paling berat saat jumpa pers di kala tim saya kalah. Hati galau, otak suntuk, penat, dan muka pun kecut. Lebih parah lagi, tidur juga susah. Bila menang, saya tak bicara, tapi tetap saja tidur susah. Aapakh ini yang disebut #narkotik bola# hahaha?

 Lanjut...nomor Agit....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar