Rabu, 08 Agustus 2012

Cerita Suka Duka Aremania Rantau (3)


3. SALAM SaTU JiWA KERRRRR!!!!!!
Ayas asline yo KERA NGALAM tapi yo sik onok darah campuran SINGAMANIA(Sriwijaya FC),soale ebes asli tekan Palembang tapi memes asli AREMANITA BARENG Ker.Aku dhewe yo pengen melok nimbrung nang kene .oleh gak?kudu oleh pokoke wong aku yo AREMANIA SEJATI!!!)Saiki aku dhewe nang jogja nyambut gawe nang perusahaan swasta,padahal biyen cita2ku pengen nyambut gawe truz dhuwit gaji iki kate tak entekno gawe nontok Arema niam ndek Gajayana,eh nlah kok aku malah dimutasi nang jogja kota seng gak onok sregg e blazzz!Saiki dhewe ayas wes sak taon ndek jogja,untuge ayas taon wingi osi nontok AREMA maen karo Kawasaki nang Gajayana trus osi ndelok Arema maen ndek Mandala krida padahal pas iku Aremania gak oleh oket,tp ayas nekat karo nggawe soak Arema werno ireng plus jaket urib karo DHUWEK rek(moso kate koyok…….BONEK !!!!!!!!).Sampe stadion ayas bingung iki ndelok tekan sebelah endi sing tepak plus aman,akhire ayas melok ndelok bareng wong2 Papua sing mbelani Arema karo bengak-bengok soale ono Ellie karo Alex…hehehehe supoyo aman Ker soale ayas ndelok dhewe emple!!!wis mek iku thok soale pas maen nang Solo dhewe ayas kadit osi oket(pas kerjo),tapi ayas tetep nekat pengen nontok Arema liwat TV padahal gak oleh nggowo tv nang ruang kerjo.Akhire ayas Ngotong-otong tv koyo maling TV(wes persis poll Ker!!!) pas pimpinanku metu,wes pokoke nekat puol masio dipecat aku yo gak ngurus.Ati iki koyoke gak lego lek gak ndelok nawak2 Aremania plus AREMA maen.
AREMA2x!!!!!!!DIMANAPUN BERADA KAMI SELALU ADA KARENA KAMI ADA DIMANA-MANA
POKOKE ATI IKI JIWA IKI TETEP DAN SELAMANYA
AREMA
SALAM DAMAI N SATU JIWA TO AREMANIA DI INDONESIA n DUNIA
(saiki ae aku nggawe kaos Arema sak jakete sing tulisane guedhe AREMA plus logone,pokoe ayas buangga puuoolll dadi AREMANIA)
4. fredy irawan arema bontang,ayas bien nontok bal2an gorong gak onok aremania di gajayana & brantas tapi obong2 koran paleng sing nontok kera2 iku aku ayas nahelop seneng tak trapno nang bontang gawe virus perdamaian sampai sak iki bontang kasih virus sing apik suwon nawak2 aremania sak dunyo suwon salam satu jiwa.fredy irawan arema bontang/aremania nahelop…
5. O iyo ,…..rek itreng gak umak LEK ndek panggonku MERANTAU kene ( P. BATAM ) iki kera AYABARUS, ITAP, NUIDAM, yo,…. AREMA , soale onok opo2 playune yo nang kera ngalam. (Tapi kenek sing gak enak2, koyok ta ,…. regeg ) yo gak popo soale AREMA gak kolem regeg ( wis gak osom ) mek sebagai jembatan sarana gawe mendamaikan.
Ayas berangkat ke Balikpapan tahun 2003 setelah mendapat panggilan interview di sebuah rumah sakit, numpak pesawat ker! joss pokok’e. Pertama2 yo rodok ndredeg hare, lungguh pas sampinge sayap. Eeeeee……….ndelok nang njobo swiwine mentiung-mentiung koyok kudu cuklek ae. Pikirku lek cuklek iki lak jenenge setor nyowo………
Lanjut, ayas berangkat keluar rumah dengan modal 1 stel baju hem Arema seng werno biru putih dan baju2 biasa lainnya. Dan pertama ayas ngekos di sebuah rumah tingkat dengan kamar posisi di lantai 2. Malam2 hari pertama ayas ngekos, sambil nyantai depan teras ayas mencoba bergabung dengan para anak2 muda yang sedang ngumpul bermain remi kartu 13, atau orang Balikpapan menyebutnya dengan permainan jokeran, dengan hukuman  jepitan bagi yang kalah. Dengan gaya SKSD (Sok Kenal Sok Dekat) ayas turut nimbrung disitu. Dan dalam permainan itu ayas mendengar pembicaraan anak2 muda tersebut dengan menggunakan bahasa Indonesia, akan tetapi disela2 perbincangan ada sering menemukan kata2 yang ayas rasa tidak aneh dan tidak asing “Wadooooooh agitnya kente, gimana nih?” Ada lagi “Kartuku sudah hampir nutup nih, kurang aud aja” ” Sudah malam, ayo ngalup dulu” Dan masih banyak lagi yang ayas dengar.
Lamaaaaaaaaa……….ayas mikir, apa sih yang mereka bicarakan ini, ngalup=pulang, agit=tiga, aud=dua dll, ini Kalimantan ker! dan mereka yang sedang berbincang2 itu adalah anak2 asli produk Balikpapan, bukan seperti ayas.Pikirku lha ayas kan sudah jauh dari kota Ngalam, koq ada kosakata Ngalaman disini. Sungguh 1 hal pertama yang membuat ayas langsung terkesan dengan kota Balikpapan. Akhirnya masalah kosakata tersebut ayas mencoba bertanya2 pada nawak2 tersebut. Ya karena sudah ciri khas Kera Ngalam, sumeh, grapyak, gampang adaptas (meski gak kabeh seh) ayas pun segera gabung dengan komunitas jepitan daerah Prapatan Balikpapan. Setelah ayas nanya, apa memang kata2 itu adalah kata2 yang dibalik, mereka bilang iya. Koq bisa, tanyaku. Ealaaaaaaah………ternyata pak RT tempat kami ngumpul maen remi itu adalah orang Jagalan, pak Somad jenenge (sek talah, ayas rodok lali hare, wes suwe ker cerito iki, wes 8 tahun mergone),  jadi wajar aja kalo dalam perbincangan sehari2, mereka menggunakan kata2 walik’an. Kebetulan juga, pas RT sebelah (hanya dipisah jalan sempit) Pak RETEnya juga wong Mergosono (pak Harto), jadi klop wes, ayas rumongso ngrantau tapi koyok gak adoh omah. Krasan dadine.
Selang beberapa lama ayas tinggal di Balikpapan, ayas berkesempatan kerja di Rumah Sakit Pertamina Balikpapan. Dan ternyata di sana banyak nawak2 yang asalnya dari kota Ngalam. Setelah hampir 4 tahun ayas ada di Balikpapan, bahasa Ngalaman pun telah berhasil ayas masyarakatkan dalam lingkungan kerja ayas, siapapun orangnya, gak peduli posisinya, bosku pun oyi juga, minimal mereka tahu kala ayas ngomong ojob, mereka tahu bahwa itu artinya bojo=istri ayas.
Ditambah lagi cerita pertama ayas menonton Arema kala melawan Persiba. Saat itu masih dalam kondisi Arema bermain di level divisi 1 karena degredasi, kalau nggak salah sekitaran tahun 2004, waktu itu ayas sudah janjian ama nawak ayas Winggih mau ke stadion. Maen sore jam 3. Waktu ayas keluar dari kos2an ayas memakai baju biru Arema, saat itu kebetulan Pak Somad sedang berada depan rumah ngomong, gak usah make kostum, daripada nanti terjadi apa2 sama suporter persiba. Ahirnya ayas putuskan tetep make baju biru, tapi tak jaketi. Ternyata memang benar, sesaat sebelum masuk stadion ternyata ada sejenis razia oleh oknum suporter Persiba, bagi yang menggunakan kostum Aremania harus dilepas atau dibalik (dengan anggapan mereka akan menjadi suporter Persiba juga, karena kebetulan warna kebesaran suporter Persiba juga biru). Ayas bertekad tidak akan melepas kostum ayas, tapi konsekuensinya ya harus didobeli jaket.  Banyangin aja, Balikpapan adalah kota yang bagi ayas suangat panas. Selama pertandingan ayas jian model koyok di oven, ndledek keringete pokok’e. Sepanjang pertandingan ayas berteriak sendirian untuk mendukung Arema, karena kebetulan ayas tidak ketemu dengan Winggih. tapi puas waktu itu ayas nonton, meski hasil akhirnya imbang.
Di rumah sakit Pertamina, ayas bersama Winggih, Lazkar, Agung, Totok  juga membentuk sebuah tim futsal yang kami beri nama Arema RSPB. Dimana dalamposting ayas yang lain juga ayas bahas.
Dan masa terindah adalah saat ayas bertemu dengan nawak2 Aremania Balikpapan yang lain (yang saat itu masih belum dideklarasikan sebagai korwil). Masih teringat sekali, ayas bisa bertemu dan ngumpul dengan nawak2 yang lain adalah berkat jasa seorang nawak bernama Dzulfikri melalui Pacebook. Dengan mereka kami berjuang untuk mendaftarkan korwil Balikpapan secara resmi ke Arema.FC, meski dengan sedikit sandungan. Akhirnya kami berhasil juga. Dan juga kisah ini ayas postingkan juga dalam page yang lain. Dan dengan terbentuknya korwil ini, kami jadi sering ketemu di sekretariat kami di Perum Graha Indah Blok M.

 Salut Nawak Saya Tidak ada apa-apanya di bandingkan dengan kalian ....






Tidak ada komentar:

Posting Komentar